Eksotika Wisata Candi Sumber Awan Kota Malang

Stupa Candi Sumber Awan

Stupa Candi Sumber Awan

Temapt Wisata Candi Sumber Awan, mungkin sebagaian warga malang masih asing dengan tempat wisata tersebut karena letak daerah tersebut masih jarang diketahui sebagaian dari penduduk kota malang. candi sumber awan merupakan candi Budha yang terletak di di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Candi ini merupakan salah satu candi budha di kota malang yang dibangun pada masa kerajaan Singosari, dan sesuai  kitab Negarakertagama Candi ini juga telah dikunjungi Oleh raja Majapahit  “Hayam Wuruk” pada tahun 1359 masehi, sewaktu ia mengadakan perjalanan keliling.  Untuk menuju Candi Sumber Awan, dari Kota Malang, ikuti saja Jl. Raya Malang – Pandaan hingga melewati Pasar Singosari. Setelah Pasar Singosari akan ada sebuah pertigaan dengan arah ke Polsek Singosari. Belok di pertigaan tersebut dan pembaca akan tiba di Jl. Kartanegara. Tepat di perempatan dekat Candi Singosari, akan ada papan petunjuk arah menuju Candi Sumberawan. Dari Candi Singosari, jarak ke Candi Sumberawan sekitar 6 km. Setelah samapi di desa Desa Toyomarto,  sebaiknya pembaca bertanya pada warga sekitar karena jalan menuju Candi Sumber Awan terdapat banyak pertigaan. Peta lengkapnya dapat dilihat disini

Pepohonan di Sekitar Candi

Pepohonan di Sekitar Candi

Tempatnya yang Sejuk dan Indah membuat tempat ini banyak di buat sebagai tempat refresing  sebagaian dari penduduk kota Malang dengan melihat hamparan sawah, sungai dan pepohonan. Meskipun banyak penduduk malang yang merasa asing dengan nama tempat tersebut tetapi banyak juga yang berkunjung di tempat wisata sumber awan. Pertama kali saya mendengar nama tempat tersebut saya tidak membayangkan kalau tempat tersebut dikelilingi oleh sawah, sungai, maupun pepohonan. Karena nama obyek wisata tersebut tidak menggambarkan keadaan temapat wisata tersebut. Tempat wisata sumber awan memang jauh dari pusat kota, jadi obyek wisata tersebut belum tercemar oleh udara yang kotor di malang. Karena udara kota malang sekarang sangat panas tidak seperti dulu lagi, karena banyak lahan sawah dibuat perumahan dan pepohonan dipinggir jalan ditebang untuk pelebaran jalan raya. Dengan adanya tempat wisata sumber awan maka bisa menetralisir kota malang yang semakin panas menjadi sedikit lebih dingin dengan didukung adanya pepohonan maupun tumbuhan yang ada di tempat tersebut. Obyek wisata sumber awan bisa digunakan sebagai obyek pembelajran bagi anak-anak yang ingin mengenal alam.

Aliran Sungai di Sekitar Candi

Aliran Sungai di Sekitar Candi

Sawah di Sekitar Candi

Sawah di Sekitar Candi

Pamflet Candi Sumber Awan

Pamflet Candi Sumber Awan

Sebelum sampai di candi sumber awan kita harus menempuh jarak ±500m dari tempat parkir sepeda motor. Tetapi tenang saja saat kita menuju ke candi sumber awan kita akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Disamping kiri perjalanan kita terdapat hamparan sawah yang begitu luas, sedangkan disebelah kiri kita terdapat aliran sungai yang menyejukkan. Jadi kita tidak merasa lelah dalam perjalanan menuju candi sumber awan. Karena kita bisa menghabiskan waktu saat berjalanan untuk berfoto dihamparan sawah yang luas itu, atau jika kita merasa kepanasan saat perjalanan kita bisa bermain air atau berjalan dialiran sungai disekitar kita. Sehingga perjalanan tidak terasa membosankan dan merasa capek atau lelah. Disamping itu suara kicauan burung maupun serangga dan gemericik suara aliran sungai bisa membuat kita rileks.Setelah menempuh jarak ±500m kita akan disambut oleh pamflet yang bertuliskan “Candi Sumber Awan”, dan disana kita juga disuguhkan hamparan pepohonan yang rindang dan sejuk. Jika kita kearah sebelah kanan kita akan melihat stupa sumber awan dan disebelah kiri kita bisa melihat kolam pemandian. Yang sebagian orang menyakini jika kolam tersebut bisa menyembuhkan segala macam penyakit.

Oh iya bagi para pembaca tidak perlu kawatir ditempat tersebut juga disediakan 2 kamar mandi, jadi saat kita ingin buang air kita tidak perlu binggung.

Kamar Mandi di Candi Sumber Awan

Kamar Mandi di Candi Sumber Awan

Para pembaca tidak akan kecewa jika datang kesini walaupun candi sumber awan berukuran lebih kecil dari candi-candi yang ada di kota malang tetapi pemandangan yang disuguhkan jauh lebih menarik. Candi ini lain dari pada candi yang lain karena bukan candi saja yang kita lihat disana tetapi juga terdapat hamparan sawah, rimbunnya pepohonan, kolam pemandian, dan disekitar candi terdapat aliran sungai yang sangat jernih.

Memandang Panaroma Sekitar Candi

Memandang Panaroma Sekitar Candi

Oh iya candi ini juga dikelilingi taman rumput sehingga kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya panorama yang disuguhkan oleh obyek wisata candi sumber awan. Saya jamin para pembaca tidak akan kecewa jika berkunjung di candi sumber awan yang berada dikawasan Desa Toyomarto, Kec. Singosari,  Kab. Malang, Jawa Timur. Mari kita lestarikan obyek wisata peninggalan sejarah dikota malang ini kawan. Sekian pengalaman saya ketika berkunjung ke obyek wisata candi sumber awan, semoga bermanfaat.

Beriku ini sekilas cuplikan perjalan wisata kami di Candi Sumber Awan

Selamat menyaksikan…….!

Lomba Blog Wisata Sejarah  - 4th Bloggerngalam

Mulai Hari Ini, untuk Esok dan Akan Datang | Kompetisi WEB Kompas MuDA & Pertamina

About these ads

22 Komentar

  1. emang bagus ini tempatnya…… :D

    • sip, setuju :)

      • semoga menang ya lombanya :)

      • makasih ya dek…. :D

  2. kok gak pernah denger ya ada yang namanya candi sumber awan… hhehe

    • hhaha, langsung kesana aja biar tau tempatnya :)

  3. wah jadi kepingin kesana nih… :D
    NICE INPO

    • terimakasih :)

  4. kereen brooo…..
    jauh gag tu tempatx….

    • iya mbak…., gak jauh kok

  5. mau donk diajak kesana… :D

  6. good…. ^_^

    • terimakasih mbak :)

  7. tempat apaan itu bos!

    • candi om…. hhaha

  8. jalannya bagus ngak gan…. mohon infony..

    • kalau jalannya emang agak rusak gan…

  9. bayar brapa masuknya

    • sukarela gan… :)

  10. gag terkenal tempatnya

    • mangkanya ayo kesana gan.. biar tempatnya dikenal luas :)

  11. kapan ya saya bisa k sana


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.