Presiden Tawarkan Pemindahan Ibu Kota

Presiden Tawarkan Pemindahan Ibu Kota

– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beraksi juga menangapi wacana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta. Presiden menyampaikan opsi pemindahan ibu kota sebagai jalan keluar karena DKI Jakarta sudah sangat macet.

“Bagaimana tidak macet, pertumbuhan motor dan mobil 10 persen tiap tahun sementara pertambahan jalan hanya 0,01 persen,” kata presiden saat berbuka puasa dengan pengusaha Kadin di JCC, Jumat (3/9/2010).

Menurut presiden pemindahan ibu kota bisa menjadi jalan keluar. “Sama Australia membangun ibu kota yang baru seperti Canberra dan Ankara,” katanya.

Jalan lainnya yakni memisahkan kota pusat pemerintahan dengan ibu kota. Presiden mencontohkannya dengan seperti yang dilakukan Malaysia yang beribukota di Kuala Lumpur namun pusat pemerintahannya di Putra Jaya.

Pembangunan pusat pemerintahan, kata Presiden, membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 tahun. Untuk membangun pusat pemerintahan tersebut, kata Presiden, dana bisa diambil dari APBN. “Bisa lepas sebagian aset di Jakarta untuk bangun yang baru,” katanya.

Namun presiden tetap punya opsi untuk memepertahankan DKI Jakarta sebagai ibu kota sekaligus pusat pemerintahan. “Caranya bangun sarana dan transportasi yang baru, di atas, di bawah, di permukaan semua problematik,” katanya.

Presiden mengungkapkan semua opsi yang akan terpilih paling tidak butuh waktu minimal 10 tahun untuk menjadi kenyataan. “Kalau diputus sekarang-sekarang ini, maka 10 tahun lagi baru bisa tercipta ibu kota yang baru,” katanya.

sumber : Tribunnews.com

1 Komentar

  1. […] Tawarkan Pemindahan Ibu Kota – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beraksi juga menangapi wacana pemindahan ibu kota dari […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Fans Page