HOT…Korea utara serangg KORSEL

SEOUL, KOMPAS.com – Korea Utara (Korut) menembakkan puluhan peluru artileri ke sebuah pulau di perbatasan Korea Selatan (Korsel), Selasa (23/11). Akibatnya, seorang anggota marinir Korsel tewas dan 13 lainnya cedera.

Serangan terjadi setelah terkuak laporan bahwa Korea Utara tampaknya sedang melakukan program pengayaan uranium, satu cara yang potensial untuk membangun sebuah bom nuklir, yang menyebabkan kekhawatiran serius bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya.

Sekitar 50 peluru artileri Korut mendarat di pulau perbatasan Korsel, Yeonpyeong, yang terletak di dekat perbatasan Laut Kuning yang tegang. Serangan itu merusak puluhan rumah dan mengirim gumpalan asap tebal ke udara, lapor televisi YTN.

Seorang anggota marinir Korsel, bagian dari kontingen yang berbasis permanen di Pulau Yeonpyeong, tewas, kata militer. Pihak militer Korsel mengatakan, 13 marinir lainnya terluka dan YTN mengatakan, dua warga sipil juga terluka.

“Sebuah unit artileri Korea Utara melancarkan serangan provokasi ilegal pada pukul 14.34 waktu setempat (atau 12.43 WIB) dan pasukan Korea Selatan segera melakukan tembakan balasan sebagai upaya membela diri,” kata seorang juru bicara pemerintah Korsel kepada AFP.

http://internasional.kompas.com/read…..13.Terluka-4


==============================================

INILAH.COM, Seoul – Korea Utara membombardir sebuah pulau Korea Selatan dengan artileri. Warga sipil dan serdadu terluka, serta banyak laporan kerusakan.

Serangan ini terjadi beberapa hari setelah Korut mulai menekan komunitas internasional, dengan mengumumkan program nuklirnya yang ilegal. Ketegangan di Semenanjung Korea pun meningkat dalam beberapa hari terakhir ini.

Pemerintah Korsel melaporkan, Pulau Yeonpyeong di Laut Kuning, 50 mil dari pesisir baratlaut negara tersebut diserang oleh artileri Utara. Beberapa melaporkan sekitar 200 artileri ditembakkan. Negeri Ginseng inipun membalas serangan dan mengevakuasi warganya ke bunker darurat.

Laporan televisi lokal YTN menyatakan, jet tempur beterbangan dan sedang diadakan pertemuan kabinet darurat di Seoul. Kedua negara ini memang belum pernah secara resmi berdamai, hanya perjanjian gencatan senjata.

http://www.inilah.com/read/detail/99…-korea-selatan

==========================================

INILAH.COM, Seoul – Serangan yang dilakukan Korea Utara ke Korea Selatan dilakukan ketika Selatan sedang berlatih militer di wilayah tersebut.

Tembakan dari Korut, sebagaimana dilaporkan CNN, terjadi ketika Korsel sedang menggelar latihan militer di perairan mereka, yang berjarak 10 kilometer dari wilayah Utara. Laut Kuning memang seringkali menjadi titik pertempuran antara kedua belah pihak.

“Angkatan Laut kami sedang mengadakan latihan di wilayah barat perbatasan. Korut mengirimkan surat protes dengan latihan. Kami sedang menyelidiki apakah ada hubungan antara surat itu dengan serangan mereka,” ujar jubir Kepresidenan Korsel Kim Hee-jung, Selasa (23/11).

Penembakan artileri Korut dilaporkan apda pukul 14.30 waktu setempat. Tercatat dua warga sipil dan 13 personel militer Korsel terluka. Tiga di antara serdadu terluka serius dan satu orang, entah dari militer atau sipil, dilaporkan meninggal. Informasi ini diperoleh dari media lokal, Yonhap.

Pihak Selatan mengklaim ada 200 artileri yang ditembakkan Utara dan mereka membalas dengan 80 tembakan. Korsel juga mengerahkan jet tempur ke lokasi kejadian. Serdadu Negeri Ginseng juga saat ini tengah disiagakan, sementara pemerintah menggelar pertemuan kabinet darurat.

http://www.inilah.com/read/detail/99…nantang-perang

MOGA2 ga terjadi PD3

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Fans Page